Navigation

Wednesday, March 04, 2015

TOBA LAKE - THE BIGGEST LAKE IN SOUTH EAST ASIA



Danau Toba, Sumatra Utaram, Indonesia
Danau Toba
Saya berasal dari Sumatra Utara, dan saya sangat bangga dengan tempat wisata Danau Toba ini, karena merupakan tempat wisata terbaik dari Sumatra Utara yang sudah mendunia. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin membagi beberapa info mengenai Danau Toba kepada rekan- rekan traveller. Cekidot....!!

ABOUT...
Danau Toba. Sebuah danau yang terletak di Propinsi Sumatra Utara, Indonesia ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara, dan bahkan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Tidak salah, karena dengan luas yang mencapai 1.145 km persegi danau ini lebih menyerupai lautan daripada sebuah danau. Danau ini juga menjadi salah satu danau terdalam di dunia, dengan kedalaman mencapai 450 m.


Danau ini terbentuk puluhan ribu tahun yang lalu sebagai akibat dari letusan Gunung Toba Purba. Konon, letusan Gunung Toba ini bahkan sampai mengakibatkan perubahan iklim di seluruh dunia. Material vulkanik yang disemburkan menyebar sampai ke separuh permukaan bumi, yang membuat bumi memasuki periode zaman es. Akibat dari letusan ini adalah terjadinya kematian massal dan kepunahan beberapa spesies makhluk hidup. Letusan Gunung Toba ini melontarkan material vulkanik ke berbagai penjuru. Sisa- sisa letusan tersebut sampai saat ini masih bisa kita saksikan di sekitar Danau Toba. Batu- batu besar dan material pasir yang dipercaya sebagai sisa letusan Gunung Toba tersebar di area sekitar Danau Toba. 
Aku di Danau Toba
Me - di Danau Toba
Di tengah danau ini, terdapat sebuah pulau yang dikenal dengan Pulau Samosir. Luas Pulau Samosir ini hampir menyerupai luas dari Singapura. Pulau ini juga sampai saat ini masih belum terjamah seluruhnya oleh manusia. Di pulau ini bisa ditemukan pegunungan berkabut dan 2 buah danau lagi, yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Danau Toba ini dipercaya sebagai tempat asal muasal suku Batak yang ada di Indonesia. Di daerah pinggiran Danau Toba, banyak tempat- tempat menarik yang menjadi pilihan tujuan wisata. 
  • Kota kecil Silalahi, di kota ini banyak terdapat penginapan- penginapan yang terletak tepat di pinggir Danau Toba, sehingga wisawatan dapat beristirahat sambil menikmati suasana danau. Selain itu juga banyak tempat pemandian dan saung- saung di pinggir danau. Di kota ini juga terdapat proyek PLTA Lae Renun milik PT. PLN (Persero)
  • Balige, Di kota ini kita bisa menikmati Danau Toba dari Bukit Pahoda. Ada juga pusat Pasar Tradisional Balige, yang menjual berbagai macam pernah- perik khas Batak. Di pasar ini kita bisa menemukan kain tradisional Batak yang disebut ULOS. Ada juga Museum TB. Silalahi yang menyimpan berbagai benda- benda sejarah bangsa Batak. Yang peling menarik adalah, di kota Balige ini terdapat makam Pahlawan Nasional yang terkenal yaitu Makam Raja Sisingamangaraja XII. Hal unik dari kota Balige ini adalah becak motornya yang terbuat dari Vespa.
  • Air Terjun Sipiso- piso. Air terjun ini terletak di Desa Tongging yang berbatasan dengan Silalahi. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 120 m sebelum mengalir ke Danau Toba. Akses menuju air terjun ini hanya bisa dengan berjalan kaki menuruni anak tangga. Namun, aksesnya tidak segampang yang diperkirakan, karena ada beberapa bagian anak tangga yang sudah rusak sehingga memaksa setiap pengunjung untuk ekstra hati- hati. Namun, kesemeuanya itu akan terbayar dengan kedahsyatan air terjun yang percikan airnya sudah menyapa pengunjung bahkan sampai sejauh 50 meter dari air terjun.
  • Pulau Samosir. Di pulau ini bisa ditemukan benda- benda peninggalan Purbakala berupa kuburan batu Sarkofagus, rumah tradisional Batak, Makam Raja Sidabutar yang berumur 500 tahun dan Patung Sigale- gale yang bisa menari.
  • Parapat. Di tempat ini terdapat fasilitas water sport, berenang, ski air, mengendarai motor boat, water kano, memancing dan bermain golf..
Bermain air di Danau Toba
Bersama Keluargaku saat liburan di Danau Toba
LEGEND...
Namun, menurut penduduk Danau Toba terbentuknya danau tersebut juga erat kaitannya dengan cerita rakyat yang melegenda tentang seorang pemuda asli Toba yang beristrikan seorang wanita jelmaan ikan. Konon, di zaman dahulu kala, ada seorang pemuda yang tinggal di Toba dan bekerja sebagai pemancing. Suatu hari ia menangkap seekor ikan besar di sebuah telaga yang ketika dibawa pulang untuk dimasak, ikan tersebut berubah menjadi wanita cantik. Wanita tersebut bersedia dinikahi oleh si pemuda dengan syarat jika mereka suatu saat dikaruniai anak, maka si pemuda tidak boleh menceritakan asal usul si wanita yang merupakan jelmaan ikan.

Tahun berganti tahun, pasangan pemuda dan si wanita akhirnya dikaruniai seorang anak laki- laki. Anak tersebut setiap hari bertugas mengantarkan makan siang untuk ayahnya yang bekerja di ladang. Suatu hari, ketika sedang mengantarkan makan siang untuk ayahnya, ia merasa sangat lapar. Dan makan siang yang dibuat oleh ibu untuk ayahnya habis dimakan. Ketika si anak tiba di ladang dan memberikan bekal makan siang yang telah habis kepada ayahnya, si pemuda tersebut sangat marah. Ia memarahi si anak sambil membentaknya dengan mengucap, "Dasar anak ikan...!!!". Mendengar ucapan si ayah, anak tersebut berlari pulang sambil menangis. Dan si pemuda baru menyadari bahwa ia telah melanggar janji yang ia buat dengan si wanita jelmaan ikan tersebut.
Orang Tuaku di Danau Toba
Orang Tuaku di Danau Toba
Setibanya di rumah, si anak menceritakan apa yang diucapkan oleh ayahnya kepada si ibu. Mendengar hal itu, si ibu kaget dan tidak menyangka bahwa suaminya telah melanggar janji yang pernah mereka buat. Si ibu lalu menyuruh si anak untuk berlari ke bukit. Kemudian si wanita berlari ke arah telaga, dimana ia dulu dipancing oleh si pemuda. Disana ia menghaturkan doa kepada yang Maha Kuasa agar memberikan balasan kepada si pemuda yang telah melanggar janji yang mereka buat.Kemudian ia pun berubah kembali menjadi ikan.

Tak berapa lama setelah itu, hujan mulai turun dengan derasnya sampai berhari- hari. Hal ini mengakibatkan telaga tersebut meluap dan membanjiri desa tempat tinggal si pemuda. Banjir ini tidak pernah surut dan bahkan semakin tinggi. Hingga pada akhirnya seluruh desa tenggelam, dan daerah tersebut menjadi sebuah danau yang sangat luas yang dikenal dengan sebutan Danau Toba. Sedangkan bukit tempat anak kecil tersebut mengungsi telah menjadi pulau yang berada di tengah- tengah danau yang dikenal dengan Pulau Samosir.

WHEN....
Saat yang tepat untuk berlibur ke Danau Toba adalah pada bulan April sampai dengan Agustus, bertepatan dengan liburan sekolah. Pada bulan- bulan itu juga, cuaca di Danau Toba cukup bersahabat sehingga cocok untuk menikmati indahnya Danau Toba.


Selain itu juga, waktu yang tepat untuk berlibur ke Danau Toba adalah antara bulan September dan Oktober. Dikarenakan pada bulan- bulan tersebut diselenggarakan Festival Danau Toba yang menampilkan pagelaran budaya dan seni khas dari Toba atau Batak. Akan ada tari Tor-tor yang merupakan tarian khas Batak, masakan, upacara adat, olah raga air khas Batak, dan lainnya.

WHERE...

Danau Toba di Provinsi Sumatra Utara
Danau Toba di Provinsi Sumatra Utara
Bingung untuk mencari penginapan?? Di sekitar Danau Toba banyak tersedia tempat- tempat penginapan, mulai dari Hotel, Bungalow, Homestay, dan lainnya. Berikut beberapa tempat menginap yang direkomendasikan oleh www.indonesia.travel :
  • Patra Parapat Lake Resort

Alamat: Jl. Pertamina Siuhan Danau Toba, Parapat 21174 Sumatra Utara
Tlp. 0625 41196
Fax. 0625 41536
E-mail: info@patra-jasa.com
Website:
  • Inna Parapat Lake Resort

Alamat: Jl. Marihat No. 1 Danau Toba, Parapat 21174, Sumatra Utara
Tlp. 0625 41012
Fax. 0625 41019
E-mail: natourpp@medan.wasantara.net.id
  • Niagara Hotel dan Resort

Alamat: Jl. Pembangunan No. 1 Parapat
Tlp. 0625 41028
Fax. 0625 41233
E-mail: hotelniagara@telkom.net
  • Samosir Cottage

Alamat: Tuk-Tuk, Samosir
Tlp. 0625 41050
E-mail: samosirres@hotmail.com
  • Bagus Bay Homestay Bar and Restaurant

Alamat: Tuk-Tuk, Samosir
Tlp. 0625 451 287
Fax. 0625 451 287
E-mail: bagus-bay@hotmail.com
Website:

HOW....
Untuk mencapai Danau Toba tersedia berbagai moda transportasi. Untuk penerbangan akan terpusat di Bandara International Kuala Namu di Medan. Bandara ini merupakan bandara baru yang beroperasi menggantikan bandara lama Bandara Polonia. Berbagai maskapai domestik dan internasional telah mempunyai rute dari dan menuju Kuala Namu. Untuk rute dari Jakarta ke Medan sendiri, bisa ditempuh dengan penerbangan selama 1,5 - 2 jam. Garuda Indonesia melayani penerbangan Jakarta - Medan VV 10X sehari.


My Brother in Toba Lake
Ketika sudah tiba di Medan ataupun Bandara Kuala Namu, banyak tersedia pilihan transportasi menuju Danau Toba. Namun, moda utama menuju Danau Toba adalah melalui jalur darat. Wisatawan bisa menggunakan bus dan mobil travel. Danau yang berjarak sekitar 150 km dari Medan ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 4-6 jam. Ada 2 jalur rute utama yang sering digunakan wisatawan bila ingin berkunjung ke Danau Toba. Rute pertama adalah melewati jalur Medan- Sidikalang, rute ini akan melewati Brastagi yang terkenal dengan Sirup, buah dan sayuran. Rute kedua adalah melaui jalur lintas Sumatra Medan- Pematang Siantar atau Parapat. 

TASTE...
Makanan di sekitar Danau Toba, sebagian besar merupakan makanan yang tidak halal bagi wisatawan Muslim. Sehingga sangat disarankan untuk  memilih tempat makan di Rumah Makan Islam, Rumah Makan Padang, dan Rumah Makan Halal lainnya. 

Kuliner khas Batak dari Toba adalah Nani Ura, Nani Arsik, Lappet, Tuak dan lainnya. 

  • Nani Ura merupakan kuliner yang terbuat dari ikan segar yang diberi bumbu asam dan disajikan mentah
  • Nani Arsik merupakan kuliner yang juga terbuat dari ikan segar yang dimasak menggunakan bumbu kuning bercita rasa asam manis pedas khas Batak. 
  • Lappet merupakan kue khas dari Toba, yang terbuat dari tepung terigu berbentuk limas dan di dalamnya diisi dengan campuran kelapa dan gula merah. Kue ini dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.
  • Tuak merupakan minuman khas dari Toba. Minuman ini terbuat dari air sadapan pohon aren yang difermentasi selama beberapa hari untuk menghasilkan cita rasa asam dan alkohol. Tuak ini biasa dihidangkan di warung- warung khas Batak yang dikenal dengan sebutan Lapo. Namun, air sadapan yang baru diambil dari pohonnya juga bisa langsung diminum  dan tidak mengandung alkohol. Minuman ini biasa disebut Nira Manis.
Masih banyak kuliner khas dari Batak dengan cita rasa yang sedap dan tidak terlupakan.
Mencari Ikan di Danau Toba
Adik laki- lakiku sedang mencari ikan di Danau Toba

SHOPPING....
Banyak toko souvenir yang menjual berbagai macam cenderamata khas Toba di sekitar Danau Toba. Di Parapat, wisatawan bisa menemukan kalender khas Batak dengan tulisan sastra Batak, gitar Batak dan lainnya.

Sedangkan untuk mendapatkan kain khas Batak yaitu Ulos, bisa mengunjungi Jangga, sebuah desa tradisional yang ada di Samosir. Di desa ini tidak hanya bisa membeli Ulos, tetapi bisa melihat langsung proses pembuatan Ulos dan bahkan bisa ikut mencoba menenun Ulos bersama warga sekitar.

Dari semuanya penjelasan tersebut di atas, sudah bisa dipastikan bahwa Danau Toba bisa dijadikan salah satu tujuan wisata favorit. Jadi, tunggu apalagi?? Segera persiapkan rencana liburan kalian ke Danau Toba. 

HORAS.......!!!!



No comments:

Post a Comment