Navigation

Wednesday, March 04, 2015

PULAU MISOOL - SURGA TROPIS DI TIMUR INDONESIA

Raja Ampat, Papua, Indonesia
Kepulauan Raja Ampat
About....
Pulau Misool, satu dari 4 pulau terbesar di gugusan kepulauan Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia. Raja Ampat yang terkenal dengan keindahan pulau- pulau kecil dan biota lautnya, merupakan tempat tujuan wisata favorit dan eksklusif di timur Indonesia. Memang wisata ke Raja Ampat merupakan wisata dengan budget yang tidak murah, karena barang dan jasa di wilayah Papua dan sekitarnya memang cukup mahal. Oleh karena itu, cara terbaik untuk berwisata ke kawasan Raja Ampat adalah dengan melakukan perjalanan secara berkelompok. Hal ini penting untuk bisa saling berbagi kenangan bersama dan juga berbagi biaya selama berlibur disana seperti biaya akomodasi, sewa perahu dan lainnya. Namun, biaya yang mahal tersebut akan terbayar Lunas dengan pengalaman liburan yang tidak akan terlupakan dari Raja Ampat.

Balik lagi ke Pulau Misool. Pulau Misool berbatasan langsung dengan Laut Seram dan perairan lepas yang menjadi jalur lintas biota- biota laut dari ikan hias sampai dengan paus- paus yang eksotik. Yang menarik dari Pulau Misool adalah gugusan pulau batu karang dengan keindahan pantai dengan pasir putih dan hutan- hutan mangrove serta taman laut yang tidak ada duanya di dunia. Pulau Misool termasuk ke dalam gugusan segitiga terumbu karang dunia yang memiliki keanekaragaman biota- biota laut berupa jenis ikan hias dan terumbu karang sebesar 75% dari keseluruhan jenis biota yang ada di dunia.Potensi bawah laut ini merupakan modal utama Pulau Misool, dan utamanya Raja Ampat menjadi pusat populasi ikan hias dan terumbu karang terbesar di dunia. Di pulau Misool ini terdapat beberapa titik penyelaman yang sangat spektakuler, dimana di setiap titik penyelaman tersebut kita bisa menikmati indahnya terumbu karang dan berbagai jenis ikan hias, hiu, paus, penyu, pari dan lainnya. 

Pulau Misool, Papua, Indonesia
Keindahan Bawah Laut Perairan Pulau Misool
What....
Keberagaman tersebut sangat cocok dinikmati dengan bersnorkeling maupun diving. Keindahan biota- biota tersebut bahkan bisa dinikmati sebelum kita menceburkan diri ke laut. Hal ini dimungkinkan karena beninggnya air laut Pulau Misool yang berwarna Turquoise yang menyejukkan mata. Menikmati keindahan bawah laut Pulau Misool bisa dilakukan hampir setiap saat. Namun, untuk pengalaman terbaik, kita perlu tahu kapan waktu- waktu yang paling tepat untuk datang dan berlibur ke Pulau Misool. Musim hujan adalah saat yang paling tidak tepat untuk berlibur di Pulau Misool. Karena di musim hujan, jarak pandang di bawah laut sangat minim, sehingga kita tidak  bisa puas menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Misool ini. Bulan Novermber, Februari dan Maret merupakan saat yang paling baik dan paling tepat untuk berlibur ke Pulau Misool, karena kejernihan air lautnya, jarak pandang di bawah laut Pulau Misool bisa mencapai 25 meter lebih. Hal ini tentunya akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan dari Pulau Misool. 


Selain Snorkeling dan Diving, sebenarnya masih banyak kegiatan bahari yang bisa dilakukan di Pulau Misool. Bisa dengan berjemur di putihnya pasir pantai Pulau Misool, manikmati hutan Mangrove, water sport dan lain sebagainya. Satu hal lagi yang membuat liburan ke Pulau Misool ini sangat menarik adalah bahwa Pulau Misool dan pulau- pulau kecil di sekitarnya adalah masih banyak area yang belum terjamah, sehingga memberi kesan berlibur ke pulau pribadi. Satu hal yang mungkin bisa dinikmati sekali seumur hidup.

Where....
Pulau Misool,Papua,Indonesia
Pulau Misool
Akomodasi di Pulau Misool ada beberapa jenis, mulai dari Hotel kelas melati, homestay, rumah warga, maupun Resort mewah yang eksklusif. Namun, salah satu yang menjadi ikon Pulau Misool adalah adalah Misool Eco Resort, yang merupakan Resort Eksklusif  yang memegang Hak Bisnis Pengelolaan Pariwisata di Raja Ampat. Selain bergerak dalam bidang Resort dan pariwisata, Misool Eco Resort ini juga merupakan Badan Konservasi yang bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian alam Pulau Misool meliputi kawasan hutan Mangrove, pantai dan alam bawah laut Pulau Misool. 

Penting bagi wisatawan untuk mengetahui waktu operasional Misool Eco Resort, karena resort ini tidak buka sepanjang tahun. Resort ini tutup untuk wisata dari bulan Juni sampai dengan pertengahan September dikarenakan cuaca yang berangin. Namun, secara keseluruhan Misool Eco Resort merupakan tempat yang menarik dan Recommended untuk wisawatan yang ingin berlibur ke Raja Ampat, utamanya ke Pulau Misool.

Misool Eco Resort beralamat di :

Misool Eco Resort
Bukit Baru No. 1, Komplek Pertamina, 98415
Email: info@misoolecoresort.com

Selain dari Misool Eco Resort, akomodasi lain yang bisa menjadi referensi bagi wisawatan adalah :

Papua Diving Indonesia
Telp: +62 811 480 7610; +62 815 27000610
Guest Relation Airport: +62 815 27000624
Skype: papua-diving.com
Email: info@papua-diving.com

HOW....
Untuk mencapai Pulau Misool bisa menggunakan penerbangan ke Bandara Domne Eduard Osok di Sorong. Dari sana dilanjutkan dengan menggunakan kapal laut atau perahu. Hal ini tentu saja karena transportasi utama dari dan ke Pulau Misool adalah melalui jalur laut. Ada berbagai pilihan tour yang bisa dipilih. Antara lain dengan menggunakan Tour mengelilingi Pulau Misool dengan kapal Phinisi, ada juga tour yang menyediakan kapal sebagai alat transportasi sekaligus tempat menginap selama di berlibur di Pulau Misool.

Untuk kalian yang memilih berlibur di Misool Eco Resort atau Papua Diving Indonesia, biasanya disediakan fasilitas antar jemput menggunakan speed boat pribadi dari dan ke Bandara di Sorong.

Untuk penerbangan menuju ke Sorong, Garuda Indonesia menyediakan pengalaman terbang dengan Garuda Indonesia Experience 5X sehari dengan pesawat B737-800 NG.

Ayo Berkemas....Pulau Misool sudah menantimu..!!


No comments:

Post a Comment