Navigation

Thursday, March 05, 2015

BATU SECRET ZOO - JAWA TIMUR PARK 2, INDONESIA

ABOUT...
Bosan dengan bentuk kebun binatang yang standar dan gitu- gitu saja?? Mungkin Sobat harus mencoba berkunjung ke kota Batu, Malang, Jawa Timur. Di kota ini ada tempat wisata yang cukup menarik dan terkenal, JAWA TIMUR PARK 2 atau JATIM PARK 2.  Jatim Park 2 ini terletak kurang lebih 15 Km sebelah barat kota Malang. Iklim kota Malang yang bersuhu dingin ditambah dengan tempatnya yang berada di dataran tinggi membuat Jatim Park 2 ini sangat nyaman untuk dikunjungi kapan saja.
Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, Malang, Indonesia
Batu Secret Zoo di Jatim Park 2

Di dalam area Jatim Park 2 ini terdapat kebun binatang "Batu Secret Zoo" yang menawarkan konsep yang berbeda dengan kebun binatang lainnya. Konsep yang ditawarkan adalah "Animal Learning and Education".
Kebun binatang ini termasuk kebun binatang modern yang membuatnya benar- benar beda. Dibuka pada Juni 2010 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, area kebun binatang ini dilengkapi dengan "Museum Satwa",Taman Bermain dan hotel dengan gaya pepohonan yang disebut dengan "Pohon Inn". Keseluruhan area ini memiliki luas 12 Hektar. Sangat luas untuk dijelajahi seharian.

Me and My Girl at Batu Secret Zoo
Kebun binatang ini  ditata sedemikian rupa dengan jalur wisatawan yang hanya bergerak ke satu arah. Dengan konsep ini, semua binatang yang ada di Batu Secret Zoo ini bisa dilihat dan dikunjungi oleh wisatawan. Tidak akan ada yang terlewat. Kandang- kandang hewan ditata dengan sangat baik, sehingga lebih menyerupai pameran ataupun etalase dibandingkan kandang. Selain itu juga disediakan papan informasi yang sangat detail di masing- masing kandang hewan. Ada juga beberapa Quis tentang hewan di sepanjang rute Batu Secret Zoo. Jadi tidak salah jika kebun binatang ini sangat cocok digunakan sebagai tempat belajar dunia hewan bagi anak- anak kita.

Ada berbagai jenis hewan yang terdapat di Batu Secret Zoo ini, mulai dari hewan asli Indonesia dan juga hewan- hewan dari negara lain. Kandang untuk hewan khas dari negara lain dibuat semirip mungkin dengan ekosistem asli di negara asal  hewan tersebut. Sehingga hewan tersebut dapat beradaptasi dan hidup dengan nyaman di Malang.

ENTRANCE FEE....
Per tanggal 16 Februari 2015, harga tiket masuk ke Jatim Park 2 sesuai informasi dari www.jawatimurpark2.com adalah:

  • Senin - Kamis : Rp. 75,000
  • Jumat- Minggu : Rp. 105,000
  • Untuk anak dengan tinggi di bawah 85 Cm ; GRATIS... :)
  • Harga ketika Peak Season akan berubah sewaktu- waktu
WHAT...
That's Me with the Bird
Di Batu Secret Zoo ini, wisatawan bisa berkeliling melihat dan mempelajari hewan- hewan yang ditampilkan di dalam kandang. Selain itu juga wisawatan bisa berfoto dengan Burung Nuri dan Burung Kakatua, berfoto dengan bayi Harimau, memberi makan Harimau dan banyak lagi. Untuk anak- anak juga disediakan arena taman bermain. Puas berkeliling kebun binatang dan bermain di arena bermain, wisatawan akan berkunjung ke Museum Satwa yang menampilkan hewan- hewan yang di awetkan dari berbagai negara. Ada juga fosil- fosil hewan prasejarah.




Area yang terdapat di Jatim Park 2 ini adalah:
  • Savannah. Merupakan terowongan berdinding kaca yang menampilkan hewan- hewan dari Afrika, seperti Zebra, Antelope, Oryx, dan lainnya
  • African Village. Menampilkan hewan- hewan Afrika yang berukuran kecil seperti Meerkat, Guinea Pig, dan lainnya.
  • Eagle. Menampilkan berbagai jenis burung- burung buas
  • Fantasy Land. Marupakan arena bermain anak- anak dan juga rest area
  • River Adventure. Merupakan pulau kecil tempat Orang Utan
  • Feeding Birds. Merupakan area dimana wisatawan bisa memberi makan burung di area terbuka yang cukup luas
  • Mancing Harimau. Adalah tempat bagi wisatawan untuk memberik makan harimau.
HUNGRY....??
Di dalam area Jatim Park 2 ini, banyak disediakan rest area dan cafe- cafe dengan menu yang bersahabat di lidah. Ada Food Court Daun, Cafe Istana Semut, Cafe Garden, Food Court Castle dan lainnya.

WHERE...
Inside Museum Satwa
Cukup banyak penginapan di sekitar area Jatim Park 2. Yang paling istimewa tentunya adalah "Pohon Inn", hotel bergaya pohon yang terletak di area Jatim Park 2. Namun, jika tidak memungkinkan, beberapa penginapan berikut bisa menjadi referensi anda, karen merupakan penginapan yang paling populer di kalangan wisatawan Jatim Park 2:
  • Klub Bunga Butik Resort Batu Malang, di Jalan Kartika No 1, Batu, Malang
  • Pondok Jatim Park Hotel & Cafe, di Jalan Kartika No 3, Batu, Malang
  • Kartika Wijaya Batu Heritage Hotel, di Jalan Panglima Sudirman No 127, Batu , Malang
  • The Singhasari Resort Batu Malang, di Jalan Ir Sukarno 120, Malang
Tunggu apa lagi..?? Kemasi barang- barang Anda, dan ajak semua anggota keluarga untuk berlibur dan belajar ke Batu Secret Zoo...!!!



No comments:

Post a Comment