Navigation

Saturday, February 28, 2015

NIAS - SURFING PARADISE


Ombak Nias, Indonesia
Ombak di Pulau Nias
Apa yang Sobat pikirkan tentang foto di atas? Apakah ombaknya sangat menakjubkan?? Kalau demikian yang Sobat pikirkan, berarti jawaban kita sama. Lalu dimanakah lokasi ombak tersebut?? Ombak tersebut terdapat di Pulau Nias.
Pulau NIAS berada di Provinsi Sumatra Utara. Pulau paling Barat dari Kepulauan Indonesia.


Nias, Indonesia
Pulau Nias

NIAS ternyata cukup terkenal dikalangan surfer dunia, bukan hanya karena keindahan alam dan budayanya, tetapi juga karena memiliki ombak kelas dunia yang sangat menantang adrenalin. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang rela jauh- jauh datang ke pulau kecil ini hanya untuk menikmati kedahsyatan ombak NIAS. 

Terdapat 2 spot surfing kelas dunia di Nias, "The Point" dan "Indicator". Keduanya bisa Sobat temukan di pantai Sorake. Pantai ini memiliki pemandangan teluk Lagundri. Sangat indah. Di pantai ini wisatawan biasanya berkumpul untuk menikmati pemandangan dan juga ombak. Tempat ini adalah tempat berkumpulnya surfer- surfer dunia.

Selain keindahan ombaknya, NIAS juga terkenal dengan budayanya. Mungkin kalian masih ingat dengan tradisi "Lompat Batu" di NIAS?? Dulu pernah muncul di pecahan uang Rp.1000 yang lama.
Uang Seribu Rupiah Lama
Pecahan Rp.1000 Lama
Tradisi lompat batu Nias merupakan tradisi untuk mengetahui apakah seorang laki- laki telah beranjak dewasa atau tidak. Jika laki- laki tersebut bisa melompati batu ini, maka ia telah dewasa dan bisa menikah.

Butuh akomodasi?? Ada "Double H Surf Camp" di pantai ini. Bungalow yang terdapat disana bisa menampung 8-10 orang. Makanan yang sangat lezat dan servis yang sangat baik menjadi nilai lebih penginapan ini. Pemandangan dari Camp ini adalah spot "Indicator" dan hanya berjarak 50 m dari "The Point". Ini menjadi tawaran yang sangat menarik untuk dapat menginap di camp "Double H Surf Camp".

Oke, sekarang bagaimana dengan TRANSPORTATION??
Untuk mengakses NIAS, bisa melalui jalan laut via pelabuhan Sibolga, atau bisa melalui penerbangan dari KUALA NAMU airport.

Dengan Garuda Indonesia, Sobat akan mampu mencapai Nias menggunakan pesawat type ATR 72-600 dengan kapasitas 70 orang penumpang, langsung dari Kuala Namu (KNO) di Medan ke Binaka Airport di Nias. Penerbangan Medan- Nias ini dilakukan sebanyak 2 kali sehari.


So, prepare your surf board, pack your stuff, and see you in NIAS..!!

ATR 72-600, Garuda Indonesia
ATR 72-600 Garuda Indonesia



No comments:

Post a Comment